Cara Menulis Tegak Bersambung, Bagaimana Sih?

Sebenarnya kewajiban menulis huruf tegak bersambung ini sudah dilakukan sejak mengenyam pendidikan di SD (Sekolah Dasar) dan bahkan saat masih pra TK sekalipun. Dimana huruf tegak bersambung atau yang lebih sering disebut dengan  istilah huruf halus tulis ini pada dasarnya ditulis secara bersambung. Bahkan, ada banyak sekali kelebihan saat menulis huruf tegak bersambung ini menurut jasa penulis artikel SEO.

Salah satunya yaitu bisa melatih keterampilan menulis pada si kecil. Dengan begitu, nantinya tulisan si kecil bisa menjadi lebih rapi dan terbiasa seperti itu. Apabila kamu penasaran, berikut ini merupakan tips mudah untuk menulis huruf tegak bersambung yang dikutip dari buku Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis karya Ana Widyastuti.

  1. Kuasai huruf cetak / huruf balok

Pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu memastikan bahwa si kecil telah menguasai huruf cetak maupun huruf balok. Nah, apabila si kecil ternyata belum begitu mahir menulis huruf cetak alias huruf balok itu tadi, maka nantinya bisa menghambat perkembangannya dalam menulis huruf tegak bersambung. Maka dari itu, kamu wajib memastikan terlebih dahulu bahwa si kecil memang benar-benar sudah menguasai huruf cetak atau huruf balok tersebut ya!

  1. Berikan dorongan merangkai titik-titik huruf tegak bersambung

Setelah memastikan bahwa si kecil mampu menguasai huruf cetak atau huruf balok tersebut, maka kamu wajib mendorongnya untuk merangkai titik-titik dari huruf tegak bersambung tersebut. Nah, dengan memberikan dorongan tersebut nantinya mereka akan lebih tergerak untuk merangkai titik-titik itu tadi dan membentuk huruf abjad tegak bersambung. Sebagai saran tambahan, kamu juga bisa menyediakan beberapa macam buku yang berisi latihan untuk menuliskan huruf tegak bersambung tersebut lho!

  1. Latih untuk menjiplak huruf tegak bersambung

Jika sudah menerapkan kedua tips yang ada di atas tadi, maka kamu harus melatihnya untuk belajar menjiplak huruf tegak bersambung dari huruf yang satu ke huruf yang lainnya ya! Sebagai contoh, kamu bsia menuliskan huruf tegak bersambung tersebut pada sebuah kertas. Setelah itu, kamu hanya tinggal meletakkan kertas lainnya di atasnya saja. Selesai, suruh si kecil untuk berlatih menjiplak huruf tegak bersambung yang telah kamu buat tadi ya!

  1. Suruh berlatih menulis huruf tegak bersambung di buku halus

Apabila si kecil sudah berlatih menjiplak huruf tegak bersambung tadi dan lumayan mahir, ajak dia untuk menuliskannya di buku halus. Nah, jika sudah kamu harus memberitahu padanya juga terkait ketentuan perbandingan tinggi huruf. Dengan begitu, nantinya si kecil akan terbiasa menuliskan huruf tegak bersambung tersebut. Sebagai saran tambahan, kamu bisa mengajaknya menulis huruf tegak bersambung tersebut mulai dari huruf yang kecil dulu kok!

Satu hal yang harus kamu ingat yaitu dalam penulisan huruf besar tegak bersambung tersebut mempunyai ketinggian yang berbeda dengan huruf yang kecil. Dimana semua huruf besar mempunyai tinggi tiga baris yaitu area menulisnya dari baris pertama sampai ketiga.

  1. Ajak menulis huruf tegak bersambung di buku bergaris biasa

Terakhir, jika semua langkah yang ada di atas tadi sudah selesai kamu terapkan pada si kecil maka tinggak ajak dirinya untuk menulis huruf tegak bersambung tersebut di buku bergaris biasa. Supaya dirinya senantiasa mau belajar huruf tegak bersambung, kamu bisa memberikan penghargaan, reward, alias apresiasi kepadanya. Dengan begitu, dia pun menjadi lebih senang untuk belajar menulis huruf tegak bersambung tersebut pastinya.