Apa Saja Persyaratan Untuk Mengirimkan Mobil Menggunakan Jasa Cargo Jakarta Batam Itu?

 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan yang dulunya tidak mungkin seperti mengirimkan mobil ke antar pulau saat ini bisa dilakukan. Dengan hadir penyedia Jasa Cargo Jakarta pengiriman kendaraan roda empat ini tentunya memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia.

Persyaratan Mengirimkan Mobil Menggunakan Jasa Cargo Jakarta Batam

Di dalam kegiatan pengiriman kendaraan roda empat dari Jakarta ke Batam nantinya penyedia jasa cargo akan memberikan beberapa persyaratan khusus bagi pelanggannya. Di mana persyaratan itu berfungsi untuk mempermudah para kurir mengantarkan mobil  sampai dengan tempat tujuan. Adapun beberapa persyaratannya seperti berikut ini.

  1. Mengajukan fotocopy KTP Dan Kartu Keluarga

Salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi Dalam kegiatan pengiriman kendaraan roda empat antar pulau yaitu menunjukkan KTP aslinya. Dengan menyerahkan Kartu Tanda Penduduk itu maka menandakan bahwa konsumen telah sepakat terhadap perjanjian yang ada di dalam kegiatan pengiriman dan bertanggung jawab atasnya.  Sedangkan tujuan menyerahkan fotokopi KK yaitu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait permasalahan bea cukai. Selain itu menyerahkan fotokopi kakak juga berfungsi untuk memastikan bahwa kendaraan roda empat yang hendak dikirim itu tidak ilegal.

  1. Menunjukkan BPKB Dan STNK Asli Kendaraan Roda Empat

Tujuan dari menunjukkan BPKB asli mobil ini yaitu untuk memastikan bahwa tidak ada permasalahan yang berarti pada kendaraan tersebut. Dengan begitu bisa memenuhi persyaratan pengiriman. Perlu diketahui bahwa tanpa menyerahkan BPKB asli nantinya Anda akan mengalami kesulitan dalam proses pengiriman kendaraan roda empat ini antar pulau. Pasalnya biasanya penyedia jasa cargo tidak ingin mengambil resiko terkait hal-hal di luar kendalinya.

Selain BPKB asli untuk mengirimkan mobil antar pulau Anda juga perlu menunjukkan STNK kendaraan tersebut. Di mana STNK itu nantinya digunakan untuk memeriksa keseriusan mobil seperti nomor rangka, plat nomor dan mesin. Jika selama pengecekan itu tidak ada perbedaan maka kendaraan roda empat tersebut bisa langsung dikirim.

  1. Memberikan Data Alamat Tujuan Dan Penjemputan

Bukan hanya mobil saja namun hampir semua kegiatan pengiriman tanpa alamat yang jelas bisa menyebabkan prosesnya tidak berjalan lancar. Oleh karena itu pastikan bahwa telah menulis alamat selengkap mungkin termasuk di dalamnya ciri-ciri bangunan agar mudah dikenali para kurir. Dalam hal ini pastikan juga telah menulis nomor kontak yang bisa dihubungi baik penerima atau pengirimnya.

Tips Mengirimkan Mobil Dari Jakarta Ke Batam Yang Aman

Mengirimkan barang antar pulau tentunya memiliki resiko yang tinggi. Terlebih lagi jika barang yang hendak dikirim itu berupa kendaraan. Tentunya perlu dilakukan secara hati-hati. Adapun beberapa tips yang bisa diikuti agar kendaraan roda empat bisa sampai tujuan dengan aman seperti berikut ini.

  1. Mengecek Kondisi Kendaraan Roda Empat

Sebelum memutuskan untuk mengirimkan mobil pastikan terlebih dahulu telah mengecek seluruh kondisinya baik dari body hingga mesin. Jika waktunya memungkinkan bisa memfoto bagian-bagian  kendaraan roda empat itu mulai dari bagian luar dan dalam. Hal itu bertujuan untuk nantinya digunakan sebagai arsip sehingga jika mobil itu sampai tujuan dalam kondisi rusak bisa melampirkan buktinya.

  1. Pastikan Telah Menggunakan Jasa Cargo Berpengalaman

Tips selanjutnya yaitu pastikan telah menggunakan jasa cargo berpengalaman. Karena dengan menggunakan jasa cargo yang berpengalaman mobil bisa sampai tujuan dengan aman. Selain itu resiko terjadinya penipuan juga sangatlah kecil. di mana Untuk mengetahui apakah jasa itu telah berpengalaman atau belum bisa melihatnya dari website resmi atau ratingnya.

Demikianlah beberapa tips dan persyaratan yang perlu dipersiapkan sebelum mengirimkan kendaraan roda empat dari Jakarta ke Batam. Biasanya kegiatan pengiriman mobil akan menggunakan jalur laut yakin dengan kapal  Pelni.